Rabu, 27 Juli 2011

Cara buat Myspace dot com untuk bandmu!


Cara buat Myspace dot com untuk bandmu!

sign up

Banyak temen-temen saya yang tanya. Gimana sih cara buat myspace? Ya emang lagi anget-angetnya di bicarakan diseputar dunia per-underground-nan, apa sih myspace dot com itu???

Jujur aja, saya baru bisa buat myspace untuk band saya Devoured www.myspace.com/devouredindonesia pada akhir Juli 2007 kemaren, meski sudah terdaftar di myspace sejak maret 2007. Padahal myspace itu sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Saya ga inget tahun berapa...Wah ketinggalan jaman dong saya!
Tadinya saya tanya sana-sini. kok ga ada hasilnya...dari cara daftar, ngerubah tampilan, nge-add friend, sampai ngapload lagu/gambar dan video.
Akhirnya ada sosok makhluk aneh dari luar angkasa yang memberi saya sedikit pencerahan. Alhasil, ya lumayan lah...walaupun sampai saat ini masih banyak pembenahan sana-sini.
Pasti banyak temen-temen yang sudah punya myspace dan sudah lama melintang di dunia per-myspace-an, tapi saya yakin masih banyak pula yang belum punya myspace.
Dengan bekal seadanya, saya hanya ingin berbagi disini kepada temen-temen yang belum punya myspace, siapa tau tulisan saya berguna bagi kalian maupun band-band lain.
Ga ada letterature apapun dalam penulisan ini, ini hanya sebatas unek-unek terpendam. Dari pada disimpan...lebih baik di bagi-bagi, ya gak??

Apa sih myspace itu?

Menurut cerita orang-orang sih, suatu weblog (catatan kecil dalam website)sekumpulan orang/ temen/ kerabat/ partner untuk berbagi informasi, photo, dll. dalam suatu jaringan sosial/ social networking.

Manfaatnya apa?

Jelas sekali, selain kamu punya web sendiri yang nampilin diri kamu/ bandmu. Kamu juga bisa saling bertukar informasi dan hebatnya lagi kamu bisa pasang lagu bandmu disitu.
Ga perlu lagi berdarah-darah kirim CD promo via post, atau mau promoin band kamu.

Ada 2 kategori myspace yang saya tau:

1. Myspace personal
2. Myspace Music

Nah, Bagi kamu yang punya band, mending kamu pilih myspace music untuk band kamu.
Nah, yang kita bahas disini adalah untuk point ke-2
Bagi kamu-kamu yang belum punya website untuk band kamu, dan susah bikinnya. Mendingan kamu buat mypace,
“Jadikan myspace sebagai website bandmu”.

Caranya gampang banget!!!
Segampang kamu mengeluarkan segumpal e’ek’ setiap harinya atau segampang kamu onani…
Langkah awal ketika kamu pengen bikin web adalah menentukan dulu apa yang pengen kamu bikin, nantinya buat apa? baru kemudian kamu mulai bikin webnya. Untuk web statis, kamu bisa pake dreamweaver/frontpage untuk membuat halaman-halamannya kemudian di upload ke internet/webhosting. Sedangkan untuk membuat web dinamis seperti blog, selain harus bisa dreamweaver atau software html editor lainnya, kamu juga harus bisa salah satu web programming seperti php, asp, javascript, css dan tentu saja html.
Untuk pembuatan website statis menggunakan sofware apapun nggak masalah, yang penting adalah pemahaman tentang struktur dan cara kerja sebuah website. Kesalahan seperti file tidak tampil/muncul sebenarnya karena beberapa hal, misalnya, file tersebut di upload ke tempat/folder yang salah
Hal-hal yang harus dipenuhi dalam membuat myspace :

1. Harus punya email (yang ga punya, jangan putus asa. Buatlah emailmu di yahoo, google, hotmail, etc)
2. Sedikit paham tentang bahasa HTML, kalo gat au tanya deh temen-temenmu. Untuk sedikit modifikasi lanjutan
3. Untuk pasang photomu atau image lainnya, kamu mesti registrasi di file sharing, ga usah yang bayar. Gratisan juga banyak seperti www.photobucket.com, www.geocities.com, dan lainnya...
4. Untuk widget/aksesories yang dipasang di web myspace-mu. Cari aja di search engine.
5. Yang perlu diinget, myspace adalah webblog tipe social. Jadi jangan harap kamu pasang adsense(iklan dari google) disini.Sampe mampuspun ga bakal bisa.
6. Rajin-rajinlah nge-add friend alias temen-temen kamu, dan sering mengunjungi myspace temen-temen tadi, sukur-sukur ninggalin bekas (maksud saya, comment).
7. Nah, mungkin gitu aja. Setelah itu kamu sudah siap terjun bebas ke alam liar belantara penuh binatang buas dan di selipi pula oleh kenikmatan duniawi.

Pertama:

Ketik di kolom pencarian www.myspace.com, klik Artis sign up . Trus disitu kamu disuruh ngisi biodata bandmu, bla, bla, bla...
Tentukan pula ULR nya. www.myspace.com/namabandmu
Untuk pengaktivan myspace, biasanya dikirim via email.
Selamat bandmu sudah punya mypace. Dan mas Tom secara otomatis nongkrong di friend list kamu. Ya udah memang cuman gitu aja…

myspace

Kedua:

Tahap pemolesan. Untuk menampilkan sebuah web yang apik kamu mesti butuh background, theme, dan sebagainya.
Buka www.pimp-my-profile.com disitu kamu disuruh daftar lagi untuk menentukan background dan theme web-mu

Ketiga:

Setelah kamu menentukan background, theme yang kamu inginkan di www.pimp-my-profile.com, code html harus kamu copy kemudian kamu paste di safe mode. Letakkan code tadi di bagian atas kolom bio, nah tinggal di preview dan lantas di submit deh.

Selamat bandmu sudah online!!!

nb. Besok-besok akan saya bahas lagi tentang myspace ini, tapi saya mesti belajar-belajar dulu dikit...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels