Rabu, 13 Juni 2012

Arti dan makna dari Ijab Qobul

Arti dari Ijab Qobul :
''aku terima nikahnya si dia binti ayah si dia dengan Mas Kawinnya ,,,,,,,''
Singkat, padat dan jelas. Tapi tahukan makna "perjanjian/ikrar'' tersebut ?

''maka aku tanggung dosa2nya si dia dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yg telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat. Semua yg berhubungan dgn si dia, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yg menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak2ku''.

Jika aku GAGAL?
''maka aku adalah suami yang fasik, ingkar dan aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku''.
(HR. Muslim)

Duhai para istri,,
Begitu beratnya pengorbanan suamimu terhadapmu, karena saat Ijab terucap, Arsy_Nya berguncang karena beratnya perjanjian yg di buat olehnya di depan Allah, dgn di saksikan para malaikat dan manusia, maka andai saja kau menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu, maka itupun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu....♥♥♥ ♥♥♥

Semoga jadi pengalaman yg sudah nikah maupun yg belom

5 komentar:

  1. Jazakallah khayran atas nasihatnya. Hanya mengingatkan, dalam Al Quran ditegaskan, seseorang tidak akan menanggung dosa orang lain. Dengan demikian, suami tidak menanggung dosa istrinya. Kalau istrinya berbuat dosa dengan kesengajaan dan sadar, maka istrinya itulah yang menanggung dosanya sendiri, bukan suaminya. Hanya saja, dengan adanya aqad nikah itu, suami mengemban tanggung jawab mendidik istrinya. Kalau dia lalai menjalankan tanggung jawab ini, sehingga istrinya berani bebas berbuat dosa, pantas kalau dia mendapat dosa juga. Jadi suami dan istri sama-sama mendapat dosa. Tapi sekali lagi, suami tidak menanggung dosa istrinya layaknya seseorang menaggung utang orang lain. mohon maaf kalau kurang berkenan.

    Abdur Rohman

    BalasHapus
  2. Memang tiap2 kita akan menanggung dosa sendiri-2. Akan tetapi perlu di ingat, bahwa selama di dunia seorang kepala rumah tangga/imam, memiliki kewajiban mendidik keluarganya dgn Agama, sesuai dgn seruan Allah SWT "yaa ayyuhal ladzina amanu, kuu anfusakum wa ahlikum narro". Jadi ada penyebab seseorang itu berdosa, yaitu lemahnya didikan Agama dari keluarga. Maka jgn main2 dgn ijab qobul kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. allahu akbar....sungguh benar sekali saudaraku....

      intinya SESUATU YANG HALAL TAPI DI BENCI ALLAH ialah TALAK..

      Hapus
  3. iya nih harusnya ini juga jadi pelaharan bagi mereka yang telah melanggar janji mereka. Pernikahan itu bukan main-main.

    BalasHapus

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels