Selasa, 19 Juni 2012

Jangan Malas Mandi Usai Beraktifitas Seharian

Jangan bermalas-malasan untuk mandi setelah beraktivitas sepanjang hari. Mandi tidak hanya membuat badan Anda bersih dan segar, tetapi juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan Anda.
Berikut manfaat mandi untuk kesehatan Anda usai beraktifitas seharian, seperti dikutip dari prevention, Selasa (19/6/2012) antara lain:

1. Meningkatkan kinerja otak Anda

Anda dapat meningkatkan kinerja otak hanya dengan mandi dan menambahkan minyak esensial ke dalam air di bak mandi. Menurut jurnal Alternative and Complementary Therapies, minyak essensial jenis sage dapat mempertajam memori sedangkan bergamot dapat mengurangi stres.

2. Menghilangkan rasa nyeri

Anda dapat menenangkan saluran hidung yang tersumbat dan mengatasi nyeri serta pegal di tubuh dengan mandi air hangat. Relaksasi ketika mandi dengan air hangat juga dapat melepaskan endorfin untuk mengatasi stres dan rasa sakit di otak.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Mandi dengan air dingin dapat memicu penurunan suhu tubuh Anda dan memberikan sinyal pada tubuh untuk memproduksi melatonin yang menginduksi tidur. Jika udara dingin, mandi dengan air hangat juga memberikan efek serupa, membuat Anda mengantuk dan dapat tidur dengan nyenyak.

4. Menenangkan kulit dari peradangan

Meskipun gandum telah dikenal sebagai penenang kulit selama berabad-abad, para peneliti baru-baru ini mengakui bahwa avenanthramides dalam gandum merupakan senyawa kunci yang dapat mengatasi peradangan dan gatal pada kulit.

Masukkan gandum utuh dalam kaus kaki yang bersih dan kering. Ikat ujung terbukanya dengan karet gelang lalu mandilah dengan air hangat atau rendam kai Anda selama 15 sampai 20 menit.

4 komentar:

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels