Kamis, 07 Juni 2012

Password Orang Indonesia Paling Gampang Ditebak


Setiap orang tentu berusaha membuat kata kunci seaman mungkin untuk melindungi akunnya. Namun terkadang password yang kita pilih dengan berbagai pertimbangan, supaya mudah diingat misalnya, justeru membuat akun gampang dibajak.
Temuan ilmuwan komputer dari Universitas Cambridge, Inggris, Joseph Bonneau menunjukkan Indonesia adalah negara dengan pengguna password yang paling mudah ditebak.
"Mereka membuat kata kunci yang mudah sekali ditebak," kata Bonneau.
Dalam penelitian yang dipaparkan pada sebuah simposium Security and Privacy di San Francisco beberapa waktu lalu, Bonneau mengambil seribu sampel dari 69,3 juta pengguna akun Yahoo! di berbagai negara. Antara lain, Indonesia, Jerman, Korea, Cina, Italia, Vietnam, Spanyol, Prancis, dan Inggris.
Menurut dia, sebanyak 15 persen kata kunci yang digunakan pemilik akun Yahoo! di Indonesia bisa dipatahkan dengan menebak dari bahasa yang sama. Adapun 9,3 di antaranya bisa dikira-kira dengan memakai kamus "password" global.
Bonneau mengatakan password yang aman harusnya memiliki tingkat pengamanan sampai 32 bit. Artinya, enam karakter di dalam serangkai kata kunci terdiri dari kombinasi angka dan huruf.
Oleh karena itu, ia menyarankan para pengguna kartu kredit mestinya memakai kata kunci yang kuat ketimbang password standar "123456".
Sementara negara dengan pengguna password paling kuat adalah Cina. Di negeri itu, ia hanya bisa membobol 4 persen saja dengan memakai bahasa setempat, dan 2,9 persen jika menggunakan kamus "password" global.
Selain itu, Bonneau menambahkan pengguna komputer berusia lanjut, di atas 55 tahun, justeru memiliki password yang lebih kuat ketimbang pengguna komputer berusia muda. Mereka yang secara rutin mengganti password juga memiliki kata kunci yang kuat.
"Kata kunci yang benar-benar aman adalah password yang lebih pernah dipakai siapapun," ujarnya.
SUMBER : TEMPO (YAHOO)

7 komentar:

  1. wah....... bisa gwat tuh,ada gak trik biar bisa buat password yang sulit di tebak..,? nice share

    BalasHapus
  2. he..bisa aja gan, pake aja nama nenek ato buyut kita..mereka kan ga pada tau..hahahah...ato pake bahasa daerah masing2 (mis; sunda,jawa,batak,dll) dijamin kagak ngerti dech..hehehehe

    BalasHapus
  3. untung password saya panjang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..bagus gan, kita harus lebih protec, biar aman..hehehe...lebih panjang lebih baik biar hacker pusing tujuh keliling..heheheh

      Hapus
  4. hahaa password ane sulit gan..:D
    dulu pake serial number photoshop..:D

    BalasHapus
  5. untung pw saya jga pnjang

    Btw Blog'a Kreeen (Y)
    BlogWalking

    BalasHapus

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels