Jumat, 28 Desember 2012

Makan Tomat Mencegah Kerutan

salam blogger....

Banyak orang mengenal tomat sebagai buah yang kaya vitamin dan baik bagi kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan belakangan ini menyabutkan bahwa tomat yang terkenal banyak mengandung lycopene terbukti dapat mencegah kerut dan bintik hitam akibat sinar matahari, yang menjadi awal terbentuknya kanker kulit. 80% kerut disebabkan oleh sinar matahari dan lycopene yang adalah merupakan antioksidan ampuh sehingga dapat menghentikan proses penuaan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Lycopene adalah antioksidan yang sangat ampuh dan senjata hebat dalam mencegah kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas. Makan pasta tomat dicampur dengan minyak zaitun selama 10 minggu sebagai tambahan dalam menu dapat mencegah penuaan dan kerutan pada kulit, dan tentunya kita harus menghindari kebiasaan yang membahayakan kilit.



Tambahkan sejumlah hidangan tomat yang dimasak ke dalam menu Anda seperti spaghetti, pizza, sup tomat atau lainnya. Jika memungkinkan pilihlah tomat yang dimasak daripada mentah. Meski tomat mentah mengandung banyak lycopene tetapi bila dimasak maka kandungannya akan meningkat hingga 4 kali lipat.

Dengan meminum jus tomat setiap hari maka Anda akan mendapatkan lycopene dan vitamin C. Jika Anda tidak suka dengan tomat maka Anda bisa meminum suplemen lycopene tetapi sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Lycopene pada tomat juga terkenal dengan khasiatnya dalam memerangi jantung dan kanker. Jadi selain untuk kesehatan kulit wajah, Anda juga bisa mencegah penyakit lainnya.

Penelitain yang dilakukan oleh Rowett Research Institute di Aberdeen Skotlandia menemukan manfaat tomat dalam mencegah penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

Tomat memiliki gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat tampaknya dapat menjaga platelet (partikel kecil yang dijumpai pada plasma darah dan pembekuan darah) dari proses
penggumpalan, selain itu dapat menghilangkan pembekuan yang mengakibatkan penghambatan pembuluh darah .

Para peneliti memperkirakan gel tersebut diharapkan dapat menunjukkan jalan bagi terciptanya terapi alternatif anti platelet seperti aspirin, yang sudah digunakan secara luas untuk mencegah pembekuan darah tetapi dapat menyebabkan gangguan perut dan pendarahan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels