Jumat, 14 Desember 2012

Rp 1.000 menjadi Rp 1 Bakal Terjadi di 2017

Wah..Rp 1.000 menjadi Rp 1 Bakal Terjadi di 2017

Pemerintah lewat Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) terus menggarap rencana redenominasi atau penyederhanaan nilai rupiah dari Rp 1.000 menjadi Rp 1. Redenominasi tersebut rencananya bakal terjadi di 2017.
"RUU Redenominasi sudah masuk prolegnas. Berbagai langkah persiapan baik legal dan sosialisasi sudah kita siapkan sudah lama, BI kan melakukan studi selama sekitar 3 tahun ini," ujar Direktur Eksekutif Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo seperti dikutip Sabtu (15/12/2012).
Perry mengatakan, BI saat ini sudah mulai melakukan program sosialisasi soal redenominasi ini. Dia menegaskan, masyarakat jangan salah, redenominasi bukanlah sanering atau pemotongan nilai mata uang.

Dia mengatakan, saat transisi redenominasi dilakukan, jika RUU-nya disetujui DPR, maka pedagang diwajibkan mencantumkan dua label harga, yaitu harga lama dan harga redenominasi, sehingga tak ada pembulatan harga.
"Jika tahun depan selesai (disetujui DPR), masa transisi kita usulkan 3 tahun," jelasnya.
Kemudian, saat transisi redenominasi dilakukan, BI akan menyiappkan dua mata uang. Ada rupiah lama dan rupiah baru dengan nilai redenominasi.
"Masyarakat akan tahu kalau harga barang rupiah lama berapa, rupiah lama berapa, ada 2 jenis uang yang masyarakat bisa gunakan dua-duanya," kata Perry.
Perry juga mengatakan, rencana pemunculan dua mata uang ini bakal muncul mulai 2014 saat masa transisi selama 3 tahun. Jadi nanti redenominasi bakal terjadi di 2017.
Perlu diketahui, redenominasi adalah mengurangi digit (angka nol) di belakang mata uang tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misal Rp 1.000 menjadi Rp 1 untuk menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih kecil. Dengan penyederhanaan itu maka hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang dan proses ini tidak mengubah daya beli masyarakat.
Rencananya, pembahasan RUU Redenominasi Mata Uang tersebut akan dilakukan pada Mei 2013 mendatang. (detik/15/12/12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement


About

Labels