Rabu, 09 Januari 2013

Akibat Mengkonsumsi Makanan Pedas Berlebih

inilahh yang terjadi di masyarakat,...makanan pedas, penyajian makanan pedas memang bervariasi, mulai dari tingkatan yg dikemas sedemikian rupa, tapi apa dampak negatif dari itu semua??? 
yukk kita baca selengkapnya ....
 
4 akibat mengkonsumsi makanan pedas berlebih.

Nah, bagi penggemar makanan patut disimak artikel berikut. Makanan tanpa sambal atau yang pedas-pedas memang rasanya kurang pas dilidah. Karena rasa pedas banyak yang menyukainya.
Salah satu cara menambah pedas yakni dengan mencampurkan rempah-rempah yang pada dasarnya sudah memiliki rasa yang pedas.

Bagi yang bukan pecinta pedas, jika memakan makanan yang terlalu pedas akan mengalami gangguan perut. Jika itu terjadi anda boleh mencoba jus lidah buaya karena dapat membantu sistem pencernaan.
Tetapi bagi pecinta makanan pedas juga harus tahu kalau mengkonsumsi makanan terlalu pedas juga memiliki efek yang tidak baik.

Berikut 4 akibat mengkonsumsi makanan pedas berlebih.


1. Asam refluxRempah-rempah pedas seperti cabai atau lada pada dasarnya membawa kombinasi asam. Konsumsi terlalu banyak akan memicu timbunan asam di lambung yang dapat merusak dinding lambung.

2. Gastritis akutBiasanya muncul akibat peradangan mukosa lambung, membran yang melapisi perut. Dalam kondisi serius, umumnya ditandai dengan gejala seperti muntah, mual, demam, diare, dan sakit kepala. Bahkan muntah darah atau munculnya darah pada feses.

3. Tukak lambung
Dalam jangka panjang, konsumsi makanan pedas berlebih juga dapat menyebabkan borok pada lapisan mukosa atau di usus kecil. Biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti terbakar di area perut disertai mual, dan muntah.

4. Insomnia
Makanan pedas berpotensi meningkatkan suhu tubuh, di mana kondisi ini dapat memicu insomnia. Karenanya, disarankan menghindari makanan pedas saat makan malam. Jika mengalami insomnia cobalah menggunakan obat yang alami agar efek samping yang didapat tidak besar.

Thakur merekomendasikan konsumsi makanan pedas tak lebih 3-4 kali dalam seminggu. Itupun dengan memperhatikan sejumlah aturan seperti:
- Rempah pedas harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan utama.
- Tidak mengonsumsi rempah pedas bersamaan dengan makanan berminyak. Kombinasi ini dapat meningkatkan sekresi asam berlipat di lambung.
- Upayakan menetralisir asam dengan susu usai menyantap makanan pedas

1 komentar:

  1. waduhhh kebetulan saya penyuka hal yang pedas-pedas nieh wajib dikurangi!!! terima kaish banyak atas infromasinya. .!!

    BalasHapus

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels