Rabu, 09 Januari 2013

Manfaat Jengkol (si bau ini kaya akan karbohidrat, protein)

wowww!!!!
pasti pernah merasakan ya, betapa lezatnya jengkol dicampur tempe..hehehehe (kidding..)

inilah beberapa uraian yg terkandung di dalam jengkol dan tempe, yuk kita simak selengkapnya ...

Jengkol vs Tempe

Menurut penelitian, si bau ini kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin dan saponin.

Ternyata jengkol adalah sumber protein yang baik, yaitu 23,3 g per 100 g bahan yang kadarnya ternyata mengalahkan tempe yang terkenal sebagai sumber protein nabati yaitu 18,3 g per 100 g. itulah kenapa saya beri judul jengkol mengalahkan tempe melihat dari unsur ini. Yang senang tempe sekarang beralih ke jengko mau nggak? .


Untuk kandungan vitamin C, jengkol mengandung 80 mg pada 100 gram biji jengkol, dan angka kecukupan gizi untuk kita adalah 5 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa.

Jengkol mengandung 4,7 g per 100 g zat besi, dan tentu saja kegunaan zat besi ini sangat banyak diantaranya adalah untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tidak kekurangan darah (anemia), selain itu kekurangan zat besi dapat menyebabkan kita lemah, pucat dan kruagn bergairah, cepat marah (emosional), tidak dapat berkonsentrasi dan cepat terkena infeksi.

Karena memiliki kandungan zat besi inilah jengkol juga ternyata dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan gula darah (diabetes), boleh di coba deh tapi tetep konsultasi dulu ke doktor ahli ya!.

Selain itu, masih banyak keuntungan mengkonsumsi jengkol yaitu menguatkan tulang kita. Karena di dalam biji jengkol ternyata terdapat kalsium dan fosfor 140 mg per 100 g. boleh senang ni pengkonsumsi jengkol, karena tulang dan giginya dapat terjaga juga metabolisme tubuh pun sehat.

Jengkol juga mengandung diuretik yaitu memperbanyak buang air sehingga ada gunanya bagi penderita jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels