Selasa, 05 Februari 2013

Kankaer lidah dan gejalanya

Waspada Kanker Lidah, Kenali Gejalanya!


Baru-baru ini kita dikejutkan dengan meninggalnya salah satu artis ibukota bernama Cecillia Putty Vickend. Gadis cantik yang akrab dipanggil Cecil ini menghembuskan napas terakhirnya pada 26 Desember 2012 setelah dirawat secara intens di rumah sakit.

Di usia yang masih muda Cecil harus berjuang melawan kanker lidah yang menggerogoti tubuhnya sejak dua tahun silam. Kanker lidah adalah jenis kanker yang terjadi di dalam rongga mulut, terutama di bagian lidah. Penyakit ini biasanya menyerang di bagian pinggir lidah, belakang lidah dan pangkal lidah.

Di Indonesia sendiri kanker lidah tergolong penyakit langka dan tidak begitu dikenal oleh masyarakat, sehingga mereka cenderung mengabaikan gejala-gejala awal kanker lidah yang dapat menempatkan masyarakat pada risiko kematian. Ini pula yang dialami oleh Cecil sebelum dirinya divonis menderita kanker lidah oleh tim medis.

Penyebab Terjadinya Kanker Lidah


Meski pria perokok berisiko lebih tinggi mengalami kanker lidah, namun tidak menutup kemungkinan wanita juga mengalami hal yang sama. Faktor utama penyebab kanker lidah memang belum belum dapat disimpulkan secara pasti. Tetapi para ahli medis meyakini bahwa luka dan infeksi pada lidah dapat memicu terjadinya kanker lidah.

Paparan sinar ultraviolet, zat radioaktif dan melemahnya daya tahan tubuh juga ditengarai sebagai penyebab terjadinya kanker lidah. Selain itu, faktor psikis dan genetik juga turut mempengaruhi tingkat keparahan penyakit mematikan ini.

Gejala-gejala Kanker Lidah



Gejala awal kanker lidah tidak jauh beda dengan sariawan. Yang membedakan adalah, jika pada sariawan daerah sekitar luka akan terasa lunak, maka pada kanker lidah daerah sekitar luka akan mengeras saat diraba. Umumnya rasa sakit pada gejala kanker lidah akan menjalar dari leher menuju telinga. Pergerakan lidah yang terasa kaku dan rasa sakit saat menelan juga bagian dari gejala kanker lidah yang umum terjadi. Berikut beberapa gejala lain kanker lidah yang perlu Anda waspadai.

Munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah dalam waktu lama
Sariawan dan peradangan di lidah secara terus menerus
Nyeri saat mengunyah dan menelan makanan
Radang tenggorokan dalam waktu yang lama
Mulut sering mengalami mati rasa
Nyeri dari telinga menuju leher
Perdarahan pada lidah tanpa sebab yang jelas
Perawatan dan Pengobatan Kanker Lidah
Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis awal. Dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan ukuran dan perluasan area gejala.

Pengobatan menggunakan radioterapi dan kemoterapi mungkin akan dilakukan untuk mengurangi perluasan dan peradangan pada kanker lidah. Jika sudah menjalar dan mencapai stadium akut, kombinasi operasi dan radioterapi mungkin akan diberlakukan oleh tim medis.

2 komentar:

  1. Wah bahaya banget yaa ...
    Thx info nya gan ...

    BalasHapus
  2. ternyata ada juga ya kanker lidah... thanks infonya kawan

    BalasHapus

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement


About

Labels