Kamis, 07 Februari 2013

Nutrisi untuk Membentuk Otot Kencang & Seksi

7 Nutrisi Penting untuk Membentuk Otot Kencang & Seksi


Membentuk otot tubuh yang sempurna tidak cukup hanya dengan fitnes, bantuan suplemen makanan dan konsumsi protein tinggi. Anda pun memerlukan berbagai nutrisi lainnya. Perlu dicatat, pembentukan otot di sini bukan untuk membuat Anda terlihat kekar seperti atlet binaraga atau angkat besi. Tapi otot yang tampak kencang dan seksi. Nutrisi apa saja yang dimaksud?

1. Vitamin C
John Cuomo, Ph.D dari USANA Health Sciences mengatakan bahwa sayur dan buah yang mengandung vitamin C bisa membuat peredaran darah lancar, yang juga menyediakan oksigen serta nutrisi yang cukup untuk menjaga bentuk otot. Selain itu vitamin C juga bisa cepat menyembuhkan otot dan tulang setelah cedera.


"Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk memulihkan otot atau tulang dari cedera karena mengandung kolagen untuk otot atau tulang", ujar Leon Propovitz, MD, seorang ahli bedah ortopedi seperti dikutip dari Shape. Vitamin C dibutuhkan tubuh sebanyak 75 mg per harinya. Anda bisa mendapatkannya dari sebutir jeruk atau secangkir stroberi.

2. Minyak Ikan
Usahakan untuk mengonsumsi minyak ikan yang mengandung omega 3. Asam lemak omega 3 meningkatkan sensitivitas insulin yang juga mampu mencegah diabetes. The American Heart Association merekomendasikan Anda untuk konsumsi 3,5 ons ikan salmon, sarden atau tuna setiap minggunya. Bagi vegetarian bisa menemukan omega 3 di sayur-sayuran seperti biji-bijian atau kacang kenari.

3. Kalsium
"Kalsium merupakan salah satu dari dua nutrisi yang paling penting dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan juga tulang serta otot," ungkap Dr. Propovitz. Ia juga mengatakan tubuh membutuhkan sekitar 1.200 mg setiap harinya. Anda bisa mendapatkan kalsium dari sayuran hijau, susu atau dari suplemen.

4. Magnesium
Magnesium merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk otot dan tulang. The National Institutes of Health merekomendasikan 310 sampai 320 mg magnesium per harinya. Tetapi Dr. Propovitz megatakan tidak ada salahnya mengonsumsi 400 mg jika memang Anda ingin melatih otot 3 kali atau lebih dalam seminggu. Anda bisa mendapatkan banyak magnesium dari bayam, kacang juga biji-bijian.

5. Vitamin B
Berbagai macam vitamin B seperti B1, B2, B3, B6, B7 dan B12 merupakan komponen yang memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh khususnya menambah kekuatan bagi otot Anda. Kebanyakan orang yang melakukan diet juga sudah cukup mengetahui pentingnya vitamin B bagi meereka. Vitamin B bisa ditemukan di biji-bijian, telur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan sereal. Namun, B12 hanya ditemukan dari sumber makanan hewani.

6. Vitamin D
vitamin D dibutuhkan untuk kontraksi otot, sebagai fungsi dari pertumbuhan otot dan tulang. Vitamin D memang bisa didapatkan dari sinar matahari, tapi ingat jangan terlalu sering terkena matahari karena bisa mengakibatkan masalah pada kulit. Minumlah suplemen sebanyak 4.000 sampai 6.000 IU yang mengandung vitamin D3 setiap harinya. Untuk lebih pastinya, temui dokter dan konsultasikan mengenai dosis minum vitamin D.

7. Vitamin E
Segenggam almond saat berolahraga bisa menambah asupan protein, lemak sehat dan serat dalam tubuh. Almond merupakan sumber vitamin yang baik bagi tubuh Anda dan menyimpan banyak vitamin E.

"Almond bekerja sebagai anti oksidan, bisa sebagai sumber makanan penyembuh atau pemulih stress oksidatif seperti olahraga", tutur Cuomo.

3 komentar:

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels