Minggu, 10 Februari 2013

Tips Mengambil Keputusan

Tips Dalam Mengambil Keputusan

Setiap hari kita dihadapkan pada banyak pilihan, dari sekedar pilihan warna baju, menu makanan, acara TV sampai pilihan sulit seperti memilih pasangan hidup, memilih tempat kuliah atau memilih pekerjaan. Namun tidak semua pilihan tersebut bisa kita pilih, kita harus memutuskan mana yang benar-benar kita inginkan dan bermanfaat bagi kita. Jika sekedar pilihan menu makan siang, salah memutuskan pun mungkin tidak terlalu masalah toh besok kita bisa memilih menu yang lebih enak. Tapi lain ceritanya jika harus mengambil keputusan penting yang akan berdampak besar pada kehidupan kita, apalagi memutuskan diantara pilihan-pilihan sulit karena kelihatannya semua pilihan itu bagus atau semuanya buruk.



Berikut beberapa tips dalam mengambil sebuah keputusan :
Pastikan apa tujuan atau harapan kamu dari keputusan yang akan kamu ambil. Misal kamu sedang memilih perguruan tinggi mana yang cocok dengan kamu, sebelum memilih universitas mana pastikan terlebih dahulu apa tujuan kamu kuliah, misal kamu ingin mendalami ilmu ekonomi karena kamu bercita-cita jadi pengusaha. Atau kamu sedang bingung memilih pekerjaan, coba terlebih dahulu renungkan apa harapan yang kamu inginkan pada pekerjaan kamu nanti, misalnya kamu ingin pekerjaan kamu nanti itu bisa menyalurkan hobi kamu, memberikan penghasilan yang besar, atau misal pekerjaan itu harus tidak terlalu mengikat.
Setelah tau apa tujuannya, tetapkan alternatif pilihan. Misal universitas yang menunjang minat kamu adalah universitas A, B, dan C. Kandidat perusahaan yang bisa menunjang hobi kamu dan memberikan gaji yang besar adalah perusahaan W, X, Y dan Z. Carilah informasi sebanyaknya dari opsi-opsi yang telah kamu tetapkan. Setelah itu seleksilah mana yang paling menunjang tujuan kamu itu. Pertimbangkan setiap kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan, tentu setelah itu kamu pilih mana yang paling memiliki banyak kelebihan dan eliminasi pilihan yang memiliki banyak kekurangan.

Mintalah pertimbangan orang-orang yang dekat dengan kamu, atau orang-orang yang akan ikut terkena dampak dari keputusan yang akan kamu ambil seperti orang tua, sodara, pasangan, atau rekan kerja. Jadikan pendapat mereka sebagai bahan pertimbangan. Keputusan tetap ada ditangan kamu namun usahakan mereka mendukung keputusan kamu nanti.

Jangan terlalu lama berfikir,,,untuk menghindari hal ini tentukanlah batas waktu pengambilan keputusan. Jika kamu masih takut dan ragu untuk mengambil keputusan, ingat saja bahwa tidak ada manusia yang sempurna, termasuk sempurna dalam memutuskan sesuatu. Salah memutuskan adalah sesuatu yang wajar, yang salah adalah jika kamu menyikapinya dengan penyesalan.

Setelah melakukan banyak pertimbangan, saatnya putuskan mana pilihan kamu. Masih juga ragu dan takut? Sahabat, semakin kamu cepat mengambil sebuah keputusan maka semakin cepat kamu mengetahui hasilnya. Jika memang keputusan itu cukup tepat tentu kamu pun akan lebih cepat untuk mencapai tujuan, kalaupun salah maka kamu akan lebih cepat mengetahui mana yang benar.

Jangan pernah menyesali apa yang telah kamu putuskan. Bila ternyata keputusan itu hasilnya belum sesuai dengan apa yang kamu harapkan, jangan pernah menyesalinya. Berfikir positiflah dan ambil hikmahnya, suatu saat kamu akan berterimakasih pada keputusanmu itu karena telah mengajarimu banyak hal.
Sahabat, setelah mengambil sebuah keputusan kadang kita butuh waktu untuk mengetahui bahwa itu adalah keputusan yang tepat. Jika saat ini belum menunjukan hasil, jalanilah dengan tetap melakukan yang terbaik.

Hidup itu sederhana, ambil keputusan, lakukan dan jangan pernah menyesalinya...

2 komentar:

  1. iya, bener juga. kadang-kadang saya juga terlalu lama mikir kalo mau ngambil keputusan, akhirnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) thnk sudah berkunjung..semoga bermanfaat

      Hapus

silahkan di icip dan dikoment dengan bahasa yang sopan tapi nyentrik

Advertisement

About

Labels